Program Latihan Intensive Jurnal Open Journal System (OJS) Universitas Negeri Makassar

Pelatihan akan memberikan tutorial tentang penggunaan dan pemanfaatan aplikasi Open Journal System (OJS) untuk keperluan manajemen pengelolaan jurnal ilmiah secara online dan menyeluruh berbasis OJS versi 2 dan OJS Versi 3 sesuai standar akreditasi jurnal Nasional. Pelatihan ini memberikan tutorial (Paket )  yang menjadi pedoman peserta dalam peningkatan pengelolaan jurnal online.

Open Journal System (OJS) sangat bermanfaat untuk manajemen pengelolaan jurnal ilmiah secara online, baik untuk jurnal nasional maupun jurnal internasional. Dengan Open Journal System ini maka pengelolaan sebuah jurnal menjadi lebih efektif dan efisien sebagaimana halnya pada pengelolaan jurnal-jurnal internasional bereputasi. 

Manajemen Pengelolaan Jurnal Online sangat bermanfaat untuk mengelola sebuah jurnal secara profesional dan sangat mendukung kepada pencapaian AKREDITASI JURNAL NASIONAL (berdasarkan Perdirjen Dikti Nomor 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah (Elektronik)).

Topik-topik yang diberikan dalam pelatihan ini meliputi 10 Topik dengan du Paket meliputi: fitur-fitur di dalam Open Journal System versi 2 dan versi 3, penyiapan portal e-journal untuk indeksasi jurnal, dan sharing pengalaman para praktisi dalam penggunaan aplikasi ini, dan beberapa topik lainnya tentang penulisan dan penyuntingan artikel ilmiah jurnal.

Peserta akan dipandu secara intensif selama 1-2 hari tentang cara-cara menggunakan OJS untuk pengelolaan jurnal dari setup, migrasi tatakelola, index dan persiapan akreditasi jurnal.

Bagi yang ingin ikut silahkan daftar dibawah ini: form pendaftaran

MATERI PELATIHAN TRAINING OJS

Manajemen Jurnal dengan Open Journal System (OJS):

  1. Kebijakan Pengelolaan Jurnal Standah Akreditasi Nasional
  2. Standar Pengelolaan Jurnal Online Berbasis OJS dan Evaluasi Kesiapan Jurnal untuk Akreditasi ARJUNA
  3. Manajemen Tata Kelola Jurnal Online (Praktek Setup Dasar Website jurnal) Menggunakan Open Journal System Versi 2 atau Versi 3;
  4. Manajemen Penerbitan Jurnal Online (Peran Author, Editor, Reviewer,Publish)
  5. Membuat Profil Sitasi Google Scholar;
  6. Menyusun Tim Pengelola Jurnal (Editor dan Mitra Bestari) dan melengkapi CV-nya; Membuat Tool Statistik Pengunjung Unik, dan lain-lain untuk memenuhi kebutuhan akreditasi jurnal nasional.
  7. Teknik/Praktek Mengunggah Fulltext Back Issues Jurnal dan Melengkapi Dokumen Review-nya Menggunakan Open Journal System (khusus untuk artikel yang sudah terbit tetapi masih offline atau manual).
  8. Praktek Mengelola Pengguna atau Users (Journal Manager, Editor/Section Editor, Reviewer, Author, Subscriber) di Open Journal System
  9. Praktek Review Manuscript secara Online Menggunakan Open Journal System
  10. Praktek Pengelolaan Editor secara Online (memutuskan (diterima/ditolak) naskah yang sudah direvisi; dan Mempublikasi ke dalam Volume/Nomor Terbitan Tertentu) Menggunakan Open Journal System
  11. Praktek Mengelola Layout Editing or Proof/Galley Correction setelah naskah Accepted Menggunakan Open Journal System
  12. Praktek Pendaftaran dan Pengelolaan Digital Object Identifier (DOI) dan Cara Export XML untuk diregistrasikan ke CrossRef melalui Plugin Open Journal System
  13. Praktek Modifikasi Theme dan CSS di OJS untuk Mengubah Tampilan Website Jurnal,
  14. Setup, Instalasi, Security System, dan Manajemen Software Open Journal System (OJS) di server web

Paket II. Persiapan Akreditasi Jurnal (ARJUNA) dan Indeksal Nasional dan Internasional Bereputasi

  1. Registrasi Online Lewat Akreditasi Jurnal (ARJUNA)
  2. Kelengkapan dan Majamene Jurnal Standar Akreditasi Jurnal Nasional
  3. Strategi dan Teknik Persiapan serta Prosedur Pendaftaran Akreditasi Jurnal Nasional melalui ARJUNA (http://arjuna2.ristekdikti.go.id)
  4. Strategi Indeksasi di Pengindeks internasional Bereputasi (Google Scholar, EBSCO, DOAJ, SINTA, SCOPUS, dan/atau Web of Science)
  5. Evaluasi Kesiapan Jurnal untuk Akreditasi Jurnal di ARJUNA dari sisi Kualitas Isi Artikel dan Pedoman Akreditasi Jurnal tahun 2018
  6. Standar Kualitas/Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Standar Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) dan Jurnal Internasional
  7. Etika Publikasi dan Plagiarism
  8. Teknik Aplikasi Manajemen Referensi (Mendeley) dan Zetero untuk Penulisan Artikel Ilmiah