Workshop Ide Tesis Mahasiswa S2 BK PPs UNM

Program studi bimbingan dan konseling program pascasarjana Universitas Negeri Makassar melaksanakan Workshop Ide-Ide Penelitian Tesis pada hari sabtu 17 Maret 2018 di Ruang Rapat LT 3 Gedung AD PPs UNM. Kegiatan ini merupakan upaya menyiapkan diri mahasiswa dalam menyusun proposal tesis, membantu mahasiswa menemukan tema dan ide-ide riset yang tepat sesuai permasalahan yang ditemukan dan pendekatan yang akan digunakan, serta membantu mahasiswa dalam menyususn Artikel ilmiah yang diap untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional maupun internasional.

Workshop ini dilaksanakan dua hari yaitu tanggal 17 maret dan 31 maret 2018. Di sesi pertama ini, fokus kepada bagaimana Menulis karya ilmiah bagi mahasiswa oleh Dr. Farida Aryani, M.Pd dan materi bagaimana menyiapkan artikel ilmiah yang siap dipublikasikan di Jurnal Nasional dan jurnal internasional oleh Muh. Ilham Bakhtiar, S.Pd, M.Pd, sesi ini mahasiswa di pandu bagaimana menuangkan Tesis hasil penelitian kedalam artikel yang layak dipublikasikan di jurnal ilmiah. Hal ini merupakan kewajiban mahasiswa BK khususnya dan umumnya di pascasarjana, bahwa publikasi ilmiah bagi mahasiswa menjadi prasyarat penyelesaian studi, khusus di BK prodi sudah mewajibkan bahwa sebelum ujian hasil, mahasiswa sudah melakukan submission artikel ke JPPK sebagai prasyarat ujian.

Melalui workshop ini akan mempengaruhi masa studi mahasiswa, Seperti dijelaskan Dr. Farida Aryani,M.Pd banyak mahasiswa kok mahasiswa BK yang selesai tidak cukup 2 tahun, kuncinya tekun dalam konsultasi dengan pembimbing, tekun perbaikan dari hasil konsultasi. Jelas Ketua Prodi BK PPs UNM.

Mahasiswa diharapkan dalam menyususn tesis, harus memiliki bobot karya ilmiah yang sangat bagus, dilihat dari metodologinya, topik dan temanya menarik, serta referensinya berasal dari jurnal-jurnal internasional. “Saat ini sudah mudah mendapatkan referensi menyusun karya tulis, jurnal sudah banyak di tersedia diinternet secara gratis, terutama jurnal internasional berbahasa inggris yang lebih baik dijadikan referensi dalam menyusun tesis selain isi atau ide artikelnya ulasannya lebih enak dibaca, lebih jelas, metodologinya jelas referensinya juga internasional.  Jelas Dr. Farida Aryani, M.Pd.

Selain itu Dekan FIP Dr. Abdullah Sinring, M.Pd yang hadir menyampaikan dalam sambutannya “ buat saja tesisnya, ada 4 hal tips untuk mendapatkan perasalahan dalam menyusun ide tesis yaitu what do you see atau “apa yg anda liat dilapangan”, what do you hear  atau “apa yg anda dengar banyak orang cerita”, what do read “apa yang anda baca memungkinkan ada permasalahan”, dan yang keempat yaitu what do you eksperiens atau “apa yg anda alami”.